Sunday, November 22, 2015

Komite HAM PBB Kecam Intervensi Iran Dan Rusia Di Suriah

Dewan HAM PBB

Komite HAM PBB mengeluarkan resolusi yang berisi kecaman terhadap intervensi Iran dan Rusia di Suriah. Resolusi itu merupakan adopsi dari resolusi yang dibuat oleh Liga Arab soal Suriah.
Resolusi yang tidak mengikat tersebut diprakarsai oleh Arab Saudi dan disponsori oleh Qatar, serta negara-negara Arab lainnya. Resolusi ini mendapat dukungan kuar dari Amerika Serikat serta negara-negara Barat lainnya.
Resolusi ini diadopsi oleh Komite tersebut setelah lebih dari 50 persen anggota komite menyetujui resolusi tersebut, dimana dari 193 anggota komite itu, 115 diantaranya menyetujui, 15 menentang dan 51 lainnya abstain atau tidak memberikan suara.
“Majelis mengutuk keras semua serangan terhadap oposisi moderat Suriah dan menyerukan penghentian serangan tersebut sesegera mungkin, mengingat bahwa serangan tersebut menguntungkan ISIS dan kelompok teroris lainnya, seperti al-Nusra,” bunyi resolusi tersebu, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (20/11).
“Majelis juga mengutuk kehadiran semua pejuang teroris asing dan pasukan asing yang berperang atas nama rezim Suriah, khususnya Brigade al-Quds, Korps Pengawal Revolusi Islam (Iran) dan kelompok-kelompok milisi, seperti Hizbullah,” pungkasnya.
Duta Besar Iran untuk PBB Gholamhossein Dehghani menegaskan, dirinya menolak keras resolusi tersebut. Karena menurutnya resolusi itu mengaburkan perbedaan yang jelas antara teroris dengan mereka yang melawan mereka (teroris).