Monday, August 21, 2017

Benarkah Khawarij Muncul Dari Najd Arab Saudi?? Di Manakah Najd? Fitnah Masyriq – Kemunculan Tanduk Setan. [Bagian Ketujuh]


Tersebarnya tuduhan bahwa para salafy tidak paham geografi tentang najd arah timur dari kota madinah dan mekkah ?
maka perlunya kita jelaskan dengan mengunakan peta sebagai pentunjuk

petunjuk peta : gambar
adapun kalo kita melihat peta kota riyadh timurnya dari najd seperti di bawah ini

jarak kota mekkah dan madinah dengan riyadh : lihat gambar di atas
Jarak beberapa kota dari kota Mekkah :
  • Jeddah 74 km
  • Thaif 80 km
  • Madinah 498 km
  • Riyadh 990 km
di atas jarak tempuh dari mekkah menuju riyadh 990km,adapun riyadh sesudah setelah najd
yang perlu di bahas di sini benarkah yang di maksud NAJD adalah nama kota atau dataran tinggi ?
Apa itu Najd?
Secara bahasa Najd adalah tanah yang tinggi. Pemilik Kamus terkenal Asli Indonesia- KH Ahmad Warson Munawwir- menyebutkan dalam kamusnya
أنجد البناء: إرتفع artinya tinggi
النجد : مصدر نجد
(ج نُجُدٌ ونِجَادٌ ونُجُودٌ واَنجَادٌ) artinya tanah yang tinggi ( Al Munawwir hal 1388 )
Dalam mensyarahkan hadits ini Al hafidz Ibnu Hajar Al Atsqalani menukil pendapat al Khattabi tentang najd yang merupakan negeri Iraq:

نجد من جهة المشرق، ومن كان بالمدينة كان نجده بادية العراق ونواحيها وهي مشرق أهل المدينة، وأصل نجد ما ارتفع من الأرض وهو خلاف الغور فإنه ما انخفض منها، وتهامة كلها من الغور ومكة من تهامةِ

Najd Itu berada disebelah timur. Siapapun yang berada diMadinah, maka najdnya adalah pedalaman Iraq dan sekitarnya. Itulah sebelah timur Madinah. Asal kata Najd adalah tanah yang meninggi, berbeda dengar ghaur yang berarti tanah yang rendah. Seluruh Tihamah merupakah Ghaur dan Mekkah termasuk bagian Tihamah (

Al-’Asqalani, Ahmad Ibn ‘Ali Ibn Hajar, Fath Al-Bari Bi Sharh Sahih Al-Bukhari, Dar Al-Ma’rifah, Beirut, 1379H, 13: 47 )
Setelah itu Ibnu Hajar menambahkan pernyataan al Khattabi bahwa Najd adalah setiap tanah yang tinggi dengan mengatakan

كل شيء ارتفع بالنسبة إلى ما يليه يسمى المرتفع نجدا والمنخفض غورا

Setiap yang lebih tinggi  dibandingkan dengan sekitarnya dinamakan Najd dan setiap yang lebih rendah dinamakan Ghaur.
Dari pemahaman Ini tentu kandidat tafsiran Najd terkait hadits nabi diatas menjadi banyak. Bahkan pemilik kitab Mu’jamul buldan Menyebutkan ada 12 Najd yang pernah dikenal oleh orang Arab dan tentu dataran Najd di Saudi Arabia ( Disebut Najd Hijaz, yaitu daerah sekitar Riyadh sekarang dan Dir’iyah ) dan Juga Negeri iraq termasuk diantara yang bernama Najd ( Mu’jam al Buldân 5:265 )
NAJD adalah sebuah dataran tinggi dimanakah yang di maksud rosululloh shalallohu alaihi wa salam ?
kita kembali melihat peta sebagai petunjuk

perhatikan gambar justru arah timur arab saudi dimaksud najd adalah dataran rendah : lihat peta
NAJD HIJAZ ARAB SAUDI
Telah berkata Al-Imaam Al-Khaththaabiy rahimahullah :
نجد: ناحية المشرق، ومن كان بالمدينة كان نجده بادية العراق ونواحيها، وهي مشرق أهلها، وأصل النجد: ما ارتفع من الأرض، والغور: ما انخفض منها، وتهامة كلها من الغور، ومنها مكة، والفتنة تبدو من المشرق، ومن ناحيتها يخرج يأجوج ومأجوج والدجال، في أكثر ما يروى من الأخبار
“Najd adalah arah timur. Dan bagi Madinah, najd-nya sahara/gurun ‘Iraaq dan sekelilingnya. Itulah arah timur bagi penduduk Madinah. Asal makna dari najd adalah : setiap tanah yang tinggi; sedangkan ghaur adalah setiap tanah yang rendah. Seluruh wilayah Tihaamah adalah ghaur, termasuk juga Makkah. Fitnah muncul dari arah timur; dan dari arah itu pula akan keluar Ya’juuj, Ma’juuj, dan Dajjaal sebagaimana terdapat dalam kebanyakan riwayat” [I’laamus-Sunan, 2/1274].
bukti ini menunjukkan bahwa najd yang di maksud dekat kota riyadh bukanlah termasuk dataran tinggi,justru termasuk dataran rendah ( ghaur )mungkinkah IRAQ termasuk najd mari kita lihat melalui peta ini

peta iraq : lihat di atas
NAJD IRAQ
 Dalam lafadh lain (46), dari jalan ‘Ubaidullah bin ‘Umar : Telah menceritakan kepadaku Naafi’, dari Ibnu ‘Umar :
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قام عند باب حفصة، فقال بيده نحو المشرق “الفتنة ههنا من حيث يطلع قرن الشيطان” قالها مرتين أو ثلاثا.
Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berdiri di samping pintu Hafshah[1], beliau bersabda dengan berisyarat dengan tangannya ke arah timur : “Fitnah itu dari sini, dari arah munculnya tanduk setan”. Beliau mengatakannya dua atau tiga kali.
Riwayat di atas menjelaskan tentang kemunculan fitnah di Najd, sebelah timur Madiinah, yaitu tempat keluarnya tanduk setan. Namun, apa yang dimaksud dengan Najd di sini ?
Telah berkata Al-Imaam Ath-Thabaraaniy :
حدثنا الحسن بن علي المعمري ثنا إسماعيل بن مسعود ثنا عبيد الله بن عبد الله بن عون عن أبيه عن نافع عن ابن عمر : أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : اللهم بارك لنا في شامنا، اللهم بارك في يمننا، فقالها مراراً، فلما كان في الثالثة أو الرابعة، قالوا: يا رسول الله! وفي عراقنا؟ قال: إنّ بها الزلازل والفتن، وبها يطلع قرن الشيطان
Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy Al-Ma’mariy[2] : Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin Mas’uud[3] : Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin ‘Abdillah bin ‘Aun[4], dari ayahnya, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar : Bahwasannya Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Ya Allah, berikanlah barakah kepada kami pada Syaam kami dan Yamaan kami”. Beliau mengatakannya beberapa kali. Saat beliau mengatakan yang ketiga kali atau keempat, para shahabat berkata : “Wahai Rasulullah, dari juga ‘Iraaq kami ?”. Beliau bersabda : “Sesungguhnya di sana terdapat bencana dan fitnah. Dan di sana lah muncul tanduk setan” [Al-Mu’jamul-Kabiir, 12/384 no. 13422].
Sanad hadits ini jayyid.
Naafi’ dalam riwayat ini mempunyai mutaba’ah dari Saalim bin ‘Abdillah bin ‘Umar.
حدثنا محمد بن عبد العزيز الرملي : حدثنا ضمرة بن ربيعة عن ابن شوذب عن توبة العنبري عن سالم عن ابن عمر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اللهم بارك لنا في مدينتنا، وفي صاعنا، وفي مدِّنا وفي يمننا وفي شامنا. فقال الرجل : يا رسول الله وفي عراقنا ؟. فقال : رسول الله صلى الله عليه وسلم : بها الزلازل والفتن، ومنها يطلع قرن الشيطان.
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdil-‘Aziiz Al-Ramliy[5] : Telah menceritakan kepada kami Dlamrah bin Rabii’ah[6], dari Ibnu Syaudzab[7], dari Taubah Al-‘Anbariy[8], dari Saalim[9], dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : Telah bersabda Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam “Ya Allah, berikanlah barakah kepada kami pada Madinah kami, pada (takaran) shaa’ kami, pada (takaran) mudd kami, pada Yaman kami, dan pada Syaam kami”. Seorang laki-laki berkata : “Wahai Rasulullah, dan juga pada ‘Iraaqkami ?”. Beliau menjawab : “Di sana terdapat bencana dan fitnah. Dan di sana pula akan muncul tanduk setan” [Diriwayatkan oleh Al-Fasawiy dalam Al-Ma’rifah2/746-747].
Sanad hadits ini hasan.
Muhammad bin ‘Abdil-‘Aziiz mempunyai mutaba’ah dari Sa’iid bin Asad[10] sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Fasawiy (2/747), Al-Hasan bin Raafi’ Ar-Ramliy[11] sebagaimana diriwayatkan Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah (6/133), dan ‘Iisaa bin Muhammad An-Nuhaas[12]sebagaimana diriwayatkan Ibnu ‘Asaakir dalam At-Taariikh (1/130); dengan sanad shahih.
Ibnu ‘Asaakir (1/130-131) dan Abu Nu’aim (6/133) meriwayatkan dari jalan Al-‘Abbaas bin Al-Waliid bin Mazyad Al-’Udzriy : Telah menceritakan kepadaku ayahku : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah bin Syaudzab : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Abdullah bin Al-Qaasim, Mathr, dan Katsiir bin Sahl, dari Taubah Al-‘Anbariy, dari Saalim, dari Ibnu ‘Umar secara marfu’.
Diriwayatakan juga oleh Ibnu ‘Asaakir dalam At-Taariikh 1/130-131 dan Abu Nu’aim dalamAl-Hilyah 6/133 dari jalan Taubah Al-Anbariy.
Taubah mempunyai mutaba’ah dari Ziyaad bin Bayaan Ar-Raqiy.
حدثنا علي بن سعيد، قال : نا حماد بن إسماعيل بن علية، قال : نا أبي، قال : نا زياد بن بيان، قال : نا سالم بن عبد الله بن عمر [عن أبيه] قال : صلى النبي صلى الله عليه وسلم صلاة الفجر، ثم انتفل، فأقبل على القوم، فقال : اللهم بارك لنا في مدينتنا، وبارك لنا في مدِّنا وصاعنا، اللهم بارك لنا في شامنا، ويمننا. فقال جل : والعراقُ يا رسول الله، فسكت، ثم قال : اللهم بارك لنا في مدينتنا، وبارك لنا في مدِّنا وصاعنا، اللهم بارك لنا في حرمنا، وبارك لنا في شامنا، ويمننا. فقال رجل : والعراق يا رسول الله، قال : من ثَمَّ يطلع قرن الشيطان، وتهيج الفتن.
Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Sa’iid[13], ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Hammaad bin Ismaa’iil bin ‘Ulayyah[14], ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami ayahku[15], ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Ziyaad bin Bayaan[16], ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Saalim bin ‘Abdillah bin ‘Umar, dari ayahnya, ia berkata : Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat shubuh, kemudian berdoa, lalu menghadap kepada para orang-orang. Beliau bersabda : “Ya Allah, berikanlah barakah kepada kami pada Madinah kami, berikanlah barakah kepada kami pada (takaran) mudd dan shaa’ kami. Ya Allah, berikanlah barakah kepada kami pada Syaam kami dan Yaman kami”. Seorang laki-laki berkata : “Dan ‘Iraaq, wahai Rasulullah ?”. Beliau diam, lalu bersabda :  “Ya Allah, berikanlah barakah kepada kami pada Madinah kami, berikanlah barakah kepada kami pada (takaran) mudd dan shaa’ kami. Ya Allah, berikanlah barakah kepada kami pada tanah Haram kami, dan berikanlah barakah kepada kami pada Syaam kami dan Yaman kami”. Seorang laki-laki berkata : “Dan ‘Iraaq, wahai Rasulullah ?”. Beliau bersabda : “(Tidak), dari sana akan muncul tanduk setan dan berkobar dan fitnah” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath, 4/245-246 no. 4098].
Sanadnya shahih.
Selain itu, Saalim bin ‘Abdillah bin ‘Umar pun pernah mengecam penduduk ‘Iraaq karena fitnah yang mereka timbulkan dengan menyebut hadits kemunculan tanduk setan.
حدثنا عبدالله بن عمر بن أبان وواصل بن عبدالأعلى وأحمد بن عمر الوكيعي (واللفظ لابن أبان). قالوا: حدثنا ابن فضيل عن أبيه. قال: سمعت سالم بن عبدالله بن عمر يقول: يا أهل العراق! ما أسألكم عن الصغيرة وأركبكم للكبيرة! سمعت أبي، عبدالله بن عمر يقول : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول “إن الفتنة تجئ من ههنا” وأومأ بيده نحو المشرق “من حيث يطلع قرنا الشيطان” وأنتم يضرب بعضكم رقاب بعض. وإنما قتل موسى الذي قتل، من آل فرعون، خطأ فقال الله عز وجل له: {وقتلت نفسا فنجيناك من الغم وفتناك فتونا} [20/طه/40].
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin ‘Umar bin Abaan, Waashil bin ‘Abdil-A’laa, dan Ahmad bin ‘Umar Al-Wakii’iy (dan lafadhnya adalah lafadh Ibnu Abaan); mereka semua berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Fudlail, dari ayahnya, ia berkata : Aku mendengar Saalim bin ‘Abdillah bin ‘Umar berkata : “Wahai penduduk ‘Iraaq, aku tidak bertanya tentang masalah kecil dan aku tidak mendorong kalian untuk masalah besar. Aku pernah mendengar ayahku, Abdullah bin ‘Umar berkata : Aku pernah mendengar Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa salam bersabda : ‘Sesungguhnya fitnah itu datang dari sini – ia menunjukkan tangannya ke arah timur – dari arah munculya dua tanduk setan’. Kalian saling menebas leher satu sama lain. Muusaa hanya membunuh orang yang ia bunuh yang berasal dari keluarga Fir’aun itu karena tidak sengaja. Lalu Allah ‘azza wa jalla berfirman padanya : ‘Dan kamu pernah membunuh seorang manusia, lalu kami selamatkan kamu dari kesusahan dan Kami telah mencobamu dengan beberapa cobaan.” (Thaahaa: 40)” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2905 (50)].
Riwayat-riwayat di atas menunjukkan bahwa Najd yang dikatakan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagai tempat munculnya tanduk setan, berbagai bencana, dan fitnah adalah ‘Iraaq.
Telah berkata Al-Imaam Al-Khaththaabiy rahimahullah :
نجد: ناحية المشرق، ومن كان بالمدينة كان نجده بادية العراق ونواحيها، وهي مشرق أهلها، وأصل النجد: ما ارتفع من الأرض، والغور: ما انخفض منها، وتهامة كلها من الغور، ومنها مكة، والفتنة تبدو من المشرق، ومن ناحيتها يخرج يأجوج ومأجوج والدجال، في أكثر ما يروى من الأخبار
“Najd adalah arah timur. Dan bagi Madinah, najd-nya sahara/gurun ‘Iraaq dan sekelilingnya. Itulah arah timur bagi penduduk Madinah. Asal makna dari najd adalah : setiap tanah yang tinggi; sedangkan ghaur adalah setiap tanah yang rendah. Seluruh wilayah Tihaamah adalah ghaur, termasuk juga Makkah. Fitnah muncul dari arah timur; dan dari arah itu pula akan keluar Ya’juuj, Ma’juuj, dan Dajjaal sebagaimana terdapat dalam kebanyakan riwayat” [I’laamus-Sunan, 2/1274].
Telah berkata Al-Haafidh Al-Kirmaaniy rahimahullaah :
ومن كان بالمدينة الطيبة -صلى الله على ساكنها- كان نجده بادية العراق ونواحيها، وهي مشرق أهلها
“Dan bagi Al-Madinah Ath-Thayyibah – semoga Allah melimpahkan barakah kepada penduduknya – , maka najd-nya adalah sahara/gurun ‘Iraaq dan sekelilingnya. Ia adalah arah timur bagi penduduk Madinah” [Syarh Shahiih Al-Bukhaariy, 24/168].
Bila kita lihat sejarah, kemunculan firqah Khawarij/Haruriyyah, Mu’tazilah, Jahmiyyah, Raafidlah, dan yang lainnya dari daerah ‘Iraaq.
Telah berkata Al-‘Allamah Mahmuud Syukriy Al-Aaluusiy Al-‘Iraaqiy rahimahullah berkata :
ولا بدع فبلاد العراق معدن كل محنة وبلية، ولم يزل أهل الإسلام منها في رزية بعد رزيّة، فأهل حروراء وما جرى منهم على الإسلام لا يخفى، وفتنة الجهمية الذين أخرجهم كثير من السلف من الإسلام، إنما خرجت ونبغت بالعراق، والمعتزلة وما قالوه للحسن البصري، وتواتر النقل به واشتهر من أصولهم الخمسة، التي خالفوا بها أهل السنة، ومبتدعة الصوفية الذين يرون الفناء في توحيد الربوبية غايةً يسقط بها الأمر والنهي، إنما نبغوا وظهروا بالبصرة، ثم الرافضة والشيعة وما حصل فيهم من الغلو في أهل البيت، والقول الشنيع في الإمام علي، وسائر الأئمة ومسبة أكابر أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم، كل هذا معروف مستفيض
“Bukan perkara yang mengherankan bahwa negeri ‘Iraaq sumber setiap fitnah dan bencana. Kaum muslimin di sana senantiasa ditimpa musibah demi musibah. Orang-orang Haruuraa’ (Khawaarij) dan apa yang mereka lakukan terhadap Islam tidaklah samar lagi (akan kerusakannya). Begitu juga dengan fitnah Jahmiyyah yang telah dikafirkan mayoritas ulama salaf, hanya keluar dan lahir dari bumi ‘Iraaq. Mu’tazillah dan apa yang mereka katakan kepada Al-Hasan Al-Bashriy serta lima pokok keyakinan mereka yang masyhur yang menyelisihi Ahlus-Sunnah, dan ahlul-bid’ah dari kalangan Shufiyyah yang berpendapat akan adanya fanaa’ dalam tauhid ar-rububiyyah yang bermaksud menggugurkan beban perintah dan larangan; juga muncul di Bashrah (‘Iraaq). Lalu Raafidlah dan Syii’ah serta apa yang terdapat pada mereka dari sikap ghulluw (berlebih-lebihan) terhadap ahlul-bait, perkataan buruk mereka terhadap Al-Imaam ‘Aliy dan seluruh imam-imam, serta caci-maki mereka terhadap para pembesar shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam; maka semuanya ini ma’ruuf lagi tersiar” [Ghayaatul-Amaaniy, 2/180].

NAJD IRAN
iran yang di sebutkan oleh rosululloh shalallohu alaihi wa salam sebagai tempat berkumpulnya para pengikut dajjal
Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
يَتْبَعُ الدَّجَّالَ مِنْ يَهُودِ أَصْبَهَانَ سَبْعُونَ أَلْفًا عَلَيْهِمُ الطَّيَالِسَةُ
Yang mengikuti Dajjal adalah orang Yahudi dari Ashbahan (Iran) dan jumlahnya ada 70.000 orang dan mereka memakai thilsan (yang menutup pundak dan badan)” (HR. Muslim no. 2944).
Dalam hadits Abu Bakr Ash Shiddiq, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الدَّجَّالُ يَخْرُجُ مِنْ أَرْضٍ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا خُرَاسَانُ يَتْبَعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوهَهُمُ الْمَجَانُّ الْمُطْرَقَةُ
Dajjal itu keluar dari bumi sebelah barat yang disebut Khurasan. Dajjal akan diikuti oleh kaum yang wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit”. Kata Ibnu Katsir, “Nampaknya –wallahu a’lam- mereka adalah bangsa Turk yang menjadi penolong Dajjal nantinya.” (An Nihayah Al Fitan wal Malahim, 1: 117).
bangsa turk pengikut dajjal
Dalam hadits Abu Bakr Ash Shiddiq, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الدَّجَّالُ يَخْرُجُ مِنْ أَرْضٍ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا خُرَاسَانُ يَتْبَعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوهَهُمُ الْمَجَانُّ الْمُطْرَقَةُ
Dajjal itu keluar dari bumi sebelah barat yang disebut Khurasan. Dajjal akan diikuti oleh kaum yang wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit”. Kata Ibnu Katsir, “Nampaknya –wallahu a’lam- mereka adalah bangsa Turk yang menjadi penolong Dajjal nantinya.” (An Nihayah Al Fitan wal Malahim, 1: 117).
Yang menunjukkan pula bahwa pengikut Dajjal adalah orang non Arab, dapat dilihat dari dua riwayat berikut.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقَاتِلَ الْمُسْلِمُونَ التُّرْكَ قَوْمًا وُجُوهُهُمْ كَالْمَجَانِّ الْمُطْرَقَةِ يَلْبَسُونَ الشَّعَرَ وَيَمْشُونَ فِى الشَّعَرِ
Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga kaum muslimin memerangi bangsa Turk, yaitu kaum di mana wajah-wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit, mereka memakai (pakaian) yang terbuat dari bulu dan berjalan (dengan sandal) yang terbuat dari bulu” (HR. Muslim no. 2912).


mengapa mereka yang menyebarkan bahwa NAJD adalah riyadh arab saudi tanpa menjelaskan tentang tempat munculnya dajjal yaitu khurasan padahal NAJD tidak terlepas dari tempat munculnya dajjal ?
dari bukti ini menunjukkan bahwa mereka mempunyai tujuan jahat yang tersembunyi,menyebarkan berita kepada umat islam khususnya yang jauh dari ilmu dan para ulama yang terpercaya.
makar ini tidak lain tidak bukan dari orang orang kafir syiah rafidhoh yang mereka gencarkan supaya kaum muslimin untuk membenci kedua kota suci mekkah dan madinah
oleh karena itu kami jelaskan di sini bahwa najd yang di maksud adalah setiap dataran tinggi,ada najd hijaz,najd iraq,dan najd iran persia.
yang perlu di perhatikan di sini bahwa najd tidak terlepas dari tempat munculnya dajjal ” khurasan ” yang kita ketahui khurasan letaknya di iran
sedangkan iran dekat dengan iraq, jika najd yang benar adalah IRAQ maka jelas di sini kemunculan dajjal di khurasan IRAN sesuai dalil di atas
kalo najd yang di maksud adalah RIYADH maka ini tidak masuk akal bagaimana dajjal muncul dekat wilayah madinah dan mekkah letaknya jauh dari khurasan ?
sedangkan madinah dan mekkah di lindungi oleh para malaikat :
Dajjal akan muncul dari Ashbahan dan akan menelusuri muka bumi. Tidak ada satu negeri pun melainkan Dajjal akan mampir di tempat tersebut. Yang dikecualikan di sini adalah Makkah dan Madinah karena malaikat akan menjaga dua kota tersebut. Dajjal tidak akan memasuki kedunya hingga akhir zaman. Dalam hadits Fathimah bin Qois radhiyallahu ‘anha disebutkan bahwa Dajjal mengatakan,
فَأَخْرُجَ فَأَسِيرَ فِى الأَرْضِ فَلاَ أَدَعَ قَرْيَةً إِلاَّ هَبَطْتُهَا فِى أَرْبَعِينَ لَيْلَةً غَيْرَ مَكَّةَ وَطَيْبَةَ فَهُمَا مُحَرَّمَتَانِ عَلَىَّ كِلْتَاهُمَا كُلَّمَا أَرَدْتُ أَنْ أَدْخُلَ وَاحِدَةً أَوْ وَاحِدًا مِنْهُمَا اسْتَقْبَلَنِى مَلَكٌ بِيَدِهِ السَّيْفُ صَلْتًا يَصُدُّنِى عَنْهَا وَإِنَّ عَلَى كُلِّ نَقْبٍ مِنْهَا مَلاَئِكَةً يَحْرُسُونَهَا
Aku akan keluar dan menelusuri muka bumi. Tidaklah aku membiarkan suatu daerah kecuali pasti aku singgahi dalam masa empat puluh malam selain Makkah dan Thoybah (Madinah Nabawiyyah). Kedua kota tersebut diharamkan bagiku. Tatkala aku ingin memasuki salah satu dari dua kota tersebut, malaikat menemuiku dan menghadangku dengan pedangnya yang mengkilap. Dan di setiap jalan bukit ada malaikat yang menjaganya.
Dajjal akan mengitari seluruh muka bumi kecuali Makkah dan Madinah. Disebutkan dalam hadits,
لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلاَّ سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ ، إِلاَّ مَكَّةَ وَالْمَدِينَةَ ، لَيْسَ لَهُ مِنْ نِقَابِهَا نَقْبٌ إِلاَّ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ صَافِّينَ ، يَحْرُسُونَهَا ، ثُمَّ تَرْجُفُ الْمَدِينَةُ بِأَهْلِهَا ثَلاَثَ رَجَفَاتٍ ، فَيُخْرِجُ اللَّهُ كُلَّ كَافِرٍ وَمُنَافِقٍ
Tidak ada suatu negeri pun yang tidak akan dimasuki Dajjal kecuali Makkah dan Madinah, karena tidak ada satu pintu masuk pun dari pintu-pintu gerbangnya kecuali ada para malaikat yang berbaris menjaganya. Kemudian Madinah akan berguncang sebanyak tiga kali sehingga Allah mengeluarkan orang-orang kafir dan munafiq daripadanya” ( HR. Bukhari no. 1881 dan Muslim no. 2943, dari Anas bin Malik. )
Telah berkata Al-Imaam Al-Khaththaabiy rahimahullah :
نجد: ناحية المشرق، ومن كان بالمدينة كان نجده بادية العراق ونواحيها، وهي مشرق أهلها، وأصل النجد: ما ارتفع من الأرض، والغور: ما انخفض منها، وتهامة كلها من الغور، ومنها مكة، والفتنة تبدو من المشرق، ومن ناحيتها يخرج يأجوج ومأجوج والدجال، في أكثر ما يروى من الأخبار
“Najd adalah arah timur. Dan bagi Madinah, najd-nya sahara/gurun ‘Iraaq dan sekelilingnya. Itulah arah timur bagi penduduk Madinah. Asal makna dari najd adalah : setiap tanah yang tinggi; sedangkan ghaur adalah setiap tanah yang rendah. Seluruh wilayah Tihaamah adalah ghaur, termasuk juga Makkah. Fitnah muncul dari arah timur; dan dari arah itu pula akan keluar Ya’juuj, Ma’juuj, dan Dajjaal sebagaimana terdapat dalam kebanyakan riwayat” [I’laamus-Sunan, 2/1274].
DI BALIK MAKAR ORANG YANG MENYEBARKAN BAHWA RIYADH ADALAH NAJD TANDUK SETAN DI ANTARANYA ADALAH ASWAJA SEBAGAI PEMBANTU SYIAH RAFIDHOH DALAM RANGKA MENYERANG DAN MENYEBARKAN PERMUSUHAN KEPADA KERAJAAN ARAB SAUDI DAN DAKWAH SALAFIYYAH
dari inilah kita membahas mereka yang semangat menyebarkan kebencian yang membabi buta kepada kerajaan arab saudi sebagai pemerintah yang membantu tersebarnya wahabi ” yang mereka tuduhkan sebagai tanduk setan adalah dakwah yang di bawakan oleh syaikh muhammad abdul wahab rohimahulloh “,hingga di antara kaum muslimin ikut ikutan tanpa sebab yang jelas berjalan di atas kedustaan dan prasangka
Allah ta’alla berfirman,
إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ وَإِنْ هُمْ إِلَّا يَخْرُصُونَ
“Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah). (QS. Al-An’am: 116).
dan bahaya seseorang yang menyampaikan apa apa yang setiap dia berdengar tanpa mengoreksi lalu di sebarkan kepada orang banyak yaitu kaum muslimin
Allah juga berfirman :
إِذْ تَلَقَّوْنَهُ بِأَلْسِنَتِكُمْ وَتَقُولُونَ بِأَفْوَاهِكُم مَّا لَيْسَ لَكُم بِهِ عِلْمٌ وَتَحْسَبُونَهُ هَيِّنًا وَهُوَ عِندَ اللَّهِ عَظِي
“(ingatlah) ketika kalian menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kalian katakan dengan mulut kalian apa yang tidak kalian ketahui sedikit pun, dan kalian menganggap perbuatan itu sebagai suatu yang ringan saja. Padahal perbuatan itu di sisi Allah adalah perkara (dosa yang)besar.” (An-Nur : 15).
Allah juga berfirman :
وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا
“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (Al-Isra’ : 36 )
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
“Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepada kalian orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kalian tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya, yang menyebabkan kalian menyesal atas perbuatanmu itu.” (Al-Hujurat : 6)
dalil di atas sebagai peringatan keras bagi orang orang yang berdusta kepada kaum muslimin,berbicara agama tanpa ilmu dan menuduh tempat kaum muslimin berhaji dan umroh sebagai tempat muncul tanduk setan dan munculnya dajjal ini sebuah makar musuh alloh yang membuat kaum muslim banyak terpedaya
oleh karena itu tulisan ini sebagai renungan bagi orang orang yang membutuhkan bayan ” keterangan yang shohih ” supaya kita selamat dari makar makar musuh dakwah tauhid dan kita di jauhkan dari kejahatan mereka serta di lindungi ALLOH azza wa jalla dari fitnah dajjal dan para pengikutnya.
alhamdulillah

[1]        Lafadh ‘di samping pintu Hafshah’ menurut Asy-Syaikh Al-Albaaniy adalah syaadz[Silsilah Ash-Shahiihah, 5/653]. Dalam riwayat Ahmad (2/18) dengan lafadh :
قام رسول الله صلى الله عليه وسلم عند باب عائشة
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berdiri di samping pintu ‘Aaisyah”.
Dalam lafadh Al-Bukhaariy (no. 3104) :
قام النبي صلى الله عليه وسلم خطيباً، فأشار نحو مسكن عائشة، فقال: هنا الفتنة -ثلاثاً- من حيث يطلع قرن الشيطان
“Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam berdiri berkhutbah, lalu berisyarat ke arah tempat tinggal ‘Aaisyah dan bersabda : “Di sini lah fitnah – beliau katakan tiga kali – dari arah munculnya tanduk setan”.
[2]        Al-Hasan bin ‘Aliy bin Syabiib Abu ‘Aliy – dikatakan juga : Abul-Qaasim – Al-Ma’mariy Al-Baghdaadiy (w. 295 H); seorang haafidh masyhuur yang mempunyai beberapa riwayatghariib. Ia kadang menyambungkan riwayat mursal dan memarfu’kan riwayat mauquf. Akan tetapi pada dasarnya, riwayatnya adalah shahih hingga jelas terbukti keterangan yang memalingkannya [lihat : Irsyaadul-Qaadliy, hal. 264-267 no. 373].
[3]        Ismaa’iil bin Mas’uud Al-Jahdariy Abu Mas’uud Al-Bashriy (w. 248 H); seorang yangtsiqah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 144 no. 487].
[4]        ‘Ubaidullah bin ‘Abdillah bin ‘Aun bin Arthabaan Al-Bashriy. Al-Bukhaariy berkata : “Ma’ruuful-hadiits” [At-Taariikh Al-Kabiir, 5/388 no. 1247]. Abu Haatim berkata :  “Shaalihul-hadiits” [Al-Jarh wat-Ta’diil, 5/322 no. 1531].
[5]        Muhammad bin ‘Abdil-‘Aziiz bin Muhammad Al-‘Umariy Abu ‘Abdillah Ar-Ramliy; seorang yang shaduuq sering ragu (shaduuq yahimu). Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 872 no. 6133].
[6]        Dlamrah bin Rabii’ah Al-Filisthiiniy Abu ‘Abdillah Ar-Ramliy; seorang yang tsiqah. Telah ditsiqahkan oleh Ahmad, Ibnu Ma’iin, An-Nasaa’iy, Ibnu Sa’d, Ibnu Hibbaan, dan ‘Ijliy. Abu Haatim berkata : “Shaalih”. Adan bin Abi Iyaas berkata : “Aku tidak pernah melihat orang yang lebih berakal pada apa yang keluar dari kepalanya (pikiranya) daripada Dlamrah”. As-Saajiy berkata : “Shaduuq, namun sering ragu. Ia mempunyai riwayat-riwayatmunkar”. (w. 202 H) [lihat biografi selengkapnya dalam Tahdziibut-Tahdziib, 4/460-461 no. 804].
[7]        ‘Abdullah bin Syaudzab Al-Khuraasaaniy Abu ‘Abdirrahmaan Al-Balkhiy; seorang yangtsiqah, telah ditsiqahkan oleh jumhur ulama. Ibnu Hazm menyendiri dengan mengatakan : “Majhuul” (86-144 H) [idem,   5/255-256 no. 447].
[8]        Taubah Al-‘Anbariy Al-Bashriy Abul-Muwarri’; seorang yang tsiqah. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 183 no. 816].
[9]        Saalim bin ‘Abdillah bin ‘Umar bin Al-Khaththaab; seorang yang tsabat, ‘aabid, lagi mempunyai keutamaan (w. 106 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 360 no. 2189].
[10]       Sa’iid bin Asad bin Muusaa Al-Mishriy; seorang yang tsiqah. Telah ditsiqahkan oleh Ibnu Hibbaan (8/271), dan meriwayatkan darinya Abu Zur’ah dan Ya’quub bin Sufyaan Al-Fasawiy. Periwayatan Abu Zur’ah darinya dianggap sebagai satu pentsiqahan, sebab tidaklah ia meriwayatkan kecuali dari perawi tsiqah – sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar saat menjelaskan Daawud Daawud bin Hammaad Al-Balkhiy [Al-Lisaan, 3/396 no. 3019].
[11]       Kemungkinan ada tashhif dalam Al-Hilyah, karena yang termasuk murid Dlamrah adalah Al-Hasan bin Waaqi’ bin Al-Qaasim Abu ‘Aliy Ar-Ramliy; seorang yang tsiqah (w. 220 H) [Taqriibut-Tahdziib, hal. 243 no. 1299].
[12]       ‘Iisaa bin Muhammad bin Ishaaq Abu ‘Umair An-Nuhaas Ar-Ramliy; seorang yangtsiqah (w. 276 H) [idem, hal. 770 no. 5356].
[13]       ‘Aliy bin Sa’iid bin Basyiir bin Mihraan Abul-Hasan Ar-Raaziy; seorang yang tsiqah, kadang ragu, dan diperbincangkan para ulama atas sirahnya (w. 299 H) [Irsyaadul-Qaadliy, hal. 430-431 no. 679].
[14]       Hammaad bin Ismaa’iil bin ‘Ulayyah Al-Asadiy Al-Bashriy Al-Baghdadiy; seorang yangtsiqah (w. 244 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 267 no. 1496].
[15]       Ismaa’il bin Ibraahiim bin Miqsam Al-Asadiy Al-Bashriy, yang terkenal dengan nama Ibnu ‘Ulayyah; seorang yang tsiqah lagi haafidh (w. 193 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 136 no. 420].
[16]       Ziyaad bin Bayaan Ar-Raqiy; seorang yang shaduuq lagi ‘aabid [idem, hal. 343 no. 2068].

Wahabi dan Tuduhan “Tanduk Setan”

Bismillahi laa haula wa laa quwwata illa billah. Bi nashrika ya Arhama Rahimin.
*Sangat sedih ketika sampai saat ini masih berseliweran tuduhan bahwa Syaikh Muhammad ibnu Abdul Wahab adalah “tanduk setan” seperti yg disebut dlm hadits-hadits Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam. Lalu tuduhan itu diarahkan ke pengikut dan simpatisan dakwahnya.
*Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa akan muncul tanduk setan dari “arah timur madinah”. Ada juga disebut kata “dari Najd”. Karena Syaikh Muhammad ibnu Abdul Wahhab berasal dari Najd, maka dakwah beliau dituduh sbg “qarnus syaithon” (tanduk setan).
*Ya kita tahulah siapa-siapa yang terus menyebarkan tuduhan itu. Tapi demi keutuhan MUSLIMIN, mereka tak perlu disebut. Cukup dibantah kebathilan tuduhan mereka.
*Ada ulama-ulama yg membantah dg dalih NAJD = IRAK. Kami tidak memakai metode itu. Biarlah kita maklumi Najd ya wilayah pedalaman Saudi, atau arah timurnya Madinah. Biar begitu saja, lebih mudah diskusinya. 
BANTAHAN…
(1).Ketika Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam sebut hadits “tanduk setan”, apa beliau sebut siapa TOKOH/PERSON yang dimaksud sebagai “tanduk setan” itu? Apa beliau sebut jika “tanduk setan” itu adalah Syaikh Muhammad ibnu Abdul Wahhab? Tidak ada kan bukti-bukti bahwa Nabi tunjuk hidung ke Syaikh Muhammad ibnu Abdul Wahhab?  Lha kenapa kok banyak orang lancang menuduh Syaikh sebagai “tanduk setan”? Apa mereka lebih tahu dari Nabi dan lebih mulia dari beliau Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam?
(2).Tuduhan bahwa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab sbg “tanduk setan” adalah fitnah dan su’uzhon. Mengapa? Karena beliau Muslim, tidak pernah murtad dari agama. Si penuduh tak punya dalil Kitabullah dan Sunnah yg menunjukkan bahwa “tanduk setan” itu adalah beliau (Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab). Ini hanya prasangka busuk. “Innaz zhanna laa yughni minal haqqi syai’an” (prasangka itu tak ada gunanya bagi kebenaran sedikit pun).
(3).Person “si tanduk setan” pastilah orang jahat, sesat, kafir. Tidak ada kebaikan Islam padanya. Para ulama sebutkan, mereka adalah oknum-oknum NABI PALSU seperti Musailamah, Sarjah (Nabi palsu wanita), dll. Memang mereka muncul di pedalaman Najd. Tapi ingat eranya era Salaf (zaman Khalifah Rasyidah). Sdgkan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab muncul dakwahnya abad 18 M. Jauh skali jarak waktunya. Meski sama-sama di Najd.
(4).Tuduhan “tanduk setan” itu sifatnya PERSONAL, KOMUNITAS, atau SEBUAH BANGSA? Kalau ia bersifat personal, mengapa para pendukung atau simpatisan dakwah Wahabi terkena buruknya tuduhan itu juga? Kalau sifatnya komunitas atau bangsa, apa DALILNYA? “Haatuu burhanakum in kuntum shadiqin” (tunjukkan bukti kalian, kalau kalian benar!).
(5).Tidakkah para penuduh “tanduk setan” itu sadar bahwa tuduhan tersebut adalah TAKFIR? Apa Anda tidak sadar? Ketika tuduhan “tanduk setan” diarahkan ke sesama Muslim, itu jelas TAKFIR. (Anda bisa dicap radikal, tukang mengkafirkan, teroris). Kecuali kalau tuduhan itu diarahkan ke orang-orang yg nyata-nyata murtad/kafir; itu bisa jadi cocok. TERNYATA, mereka hobi TAKFIR juga ya. Katanya Sunni, kok hobi mengkafirkan? 
(6).Andaikan sebutan “tanduk setan” itu berlaku bagi bangsa NAJD secara mutlak, dari dulu sampai kini; apakah ia berarti Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam telah memvonis kafir orang Najd secara mutlak? Jika demikian, tunjukkan dalil kalian bahwa Nabi telah memvonis kafir smua penduduk Najd? Jika tidak ada dalil, TAKUTLAH kalian dari menyelewengkan hadits-hadits Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam untuk membuat fitnah. Lihatlah Nabimu bersikap lembut pada Arab Badui (kaum Najd), beliau nasehati, doakan, diajari, serta dilembuti. Itu akhlak Nabimu! Bukan hobi mengkafirkan kaum Muslimin.
(7).Kalau Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dituduh sebagai “tanduk setan”, padahal sebelum dakwah beliau BERGURU ke Irak, Makkah, Madinah, Syam. Berarti ulama-ulama di kota-kota tersebut adalah “gurunya tanduk setan”? Jika demikian, di mana lagi masih ada Islam kalau para ulama dituduh “inspirator tanduk setan”? Tuduhan ke murid, pasti mengena ke guru; sdikit atau banyak.
(8).Secara jelas Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab memilih madzhab fikih HANBALI. Ia merujuk pendapat Imam Ahmad bin Hanbal. Itu yang dipakai Saudi SAMPAI HARI INI. Tidak ada yang mengingkari ini, kecuali jahil. Nah, apa tuduhan “tanduk setan” tersebut ujungnya mengenai Imam Ahmad? Bagaimana jawabmu wahai penuduh? Apa masih tersisa rasa malu di sana, ya ikhwah?
(9).Secara pemikiran, dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab bukanlah ORIGINAL. Beliau banyak merujuk pendapat Ibnu Taimiyah, Ibnul Qayyim, Ibnu Katsir, Ibnu Rajab, Ibnu Qudamah, Adz Dzahabi, Asy Syathibi, Ibnu Hazm; imam-imam madzhab, imam-imam hadits. Apa mereka semua TEGA KALIAN TUDUH sebagai “tanduk setan”? Astaghfirullah, smoga mereka lekas taubat. Lalu membersihkan lisan & tulisannya.
(10).Bantahan paling kuat: Tunjukkan bukti-bukti, dalil, atau argumen bahwa dakwah Wahabi telah MELANGGAR SYARIAT, MENYIMPANG DARI KITABULLAH & SUNNAH, serta TELAH LAYAK DISEBUT KAFIR/SESAT. Tunjukkan bukti-bukti Syariat atas kesesatan kaum yang dituduh Wahabi saudara!
(11).Pilar dakwah Wahabi adalah TAUHID dan SUNNAH. Tauhid berarti tidak kafir dan syirik. Sunnah berarti tidak bid’ah. Apa ini salah? Bukankan Syahadat “laa ilaha illa Allah” maknanya TAUHID? Dan Syahadat “Muhammad Rasulullah” maknanya SUNNAH? Apa yang salah agamu sendiri? Apa engkau BERSYAHADAT tapi tidak mengerti maksudnya?
(12).Terakhir, kaum Wahabi telah menjadi penyelenggara Haji/Umrah sejak tahun 1920-an. Sudah ratusan juta manusia melaksanakan ibadah itu. Bagaimana status ibadah ini kalau penyelenggaranya “si tanduk setan”? Sah atau batal Pak? Mengapa para penuduh tidak menghentikan lalu lintas manusia ke sana?
*Nah, di sini dapati kesimpulan, tuduhan “tanduk setan” pada Muslimin NAJD itu: sangat ngawur, emosional, dan dosa sangat besar. Itu fitnah, tidak sesuai arah hadits Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam. Itu TAKFIR, sangat berbahaya. Dan orang yang menunggangi tuduhan itu sama dengan hendak MENGHAPUSKAN ISLAM di bumi Najd. Mereka lebih ekstrem dari Khawarij. Khawarij hanya mengkafirkan pelaku dosa besar; sedang mereka mengkafirkan semua yang lahir di Najd. Kalau Anda lahir di Najd, kebetulan Anda istimewa dan punya pandangan berbeda dengan mereka; Anda dapat divonis: Si Tanduk Setan. Astaghfirullah al ‘azhim. 
*Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam sangat lembut pada orang-orang Arab Badui, tapi para penuduh ingin MENGKAFIRKAN SMUA YANG LAHIR DI NAJD.
Akhirul kalam: Subhanallah, wastaghfiruhu, wa laa haula wa laa quwwata illa billah.
Sumber: dikopi dari akun facebook saudara Heru R, asal Surabaya.